Sunday, April 26, 2020


KONSEP ORGANISASI DAN MANAJEMEN



                        T E O R I   M A N A J E M E N

Mencakup hal-hal / segala sesuatu yang berhubungan dengan tugas dan fungsi manajerial, termasuk organisasi  (Apa yang dilakukan oleh manajer).

FUNGSI MANAJEMEN MENURUT “HENRY FAYOL”

1.     Perencanaan (Planning) : Pemilihan tujuan dan penetapan kebijakan, prosedur dan program-program untuk mencapainya.
2.     Pengorganisasian (Organizing) : Pengelompokan kegiatan yang harus dilakukan dan menetapkan bentuk serta hubungan keorganisasian untuk menjalankan kegiatan.
3.     Penyusunan Staf (Staffing) : Pemilihan dan pelatihan orang untuk bekerja dalam organisasi.
4.     Pengkoordinasian (Coordinating) : Penjadualan kegiatan dalam urut-urutan yang tepat.  Pengkomunikasian bila ada perubahan bentuk.
5.     Pengarahan (Directing) : memimpin, memberikan pedoman, pengarahan, dan pemotivasianorang dalam organisasi.
6.     Pengendalian (Controlling) : pengukuran prestasi dan penyimpangan dari rencana.

TINGKATAN MANAJEMEN :

1.    Manajemen Puncak (Top Level Management)
2.    Manajemen Menengah (Middle Level Management)
3.    Manajemen Bawah (Lower Level Management)


 

STRUKTUR KEORGANISASIAN

Merupakan susunan sub sistem dengan hubungan wewenang & tanggung jawabnya.

MODEL DASAR

·         Struktur Hirarki : sebuah struktur hirarki dengan manajemen puncak paling atas dalam bagan, manajemen menengah, dan manajemen bawah ditempat paling bawah
·         Spesialisasi : Pembagian pekerjaan atas tugas-tugas khusus.
·         Hubungan Lini dan staf
LINI : wewenang perintah langsung dari fungsi-fungsi dalam organisasi (biasanya digambarkan dengan garis lurus dalam struktur hirarki).

STAF : Berhubungan dengan kegiatan-kegiatan pendukung seperti analisis dan konsultasi / tidak ada wewenang untuk memerintah. (digambarkan dengan garis putus-putus dalam struktur hirarki).

·         Wewenang dan Tanggung Jawab : wewenang adalah hak untuk memerintah (kepemimpinan) termasuk mengambil keputusan.
·         Rentang Kendali (Span of Control) : menunjukkan banyaknya bawahan yang diawasi oleh seorang supervisor.

MODEL VARIASI

Organisasi berdasarkan Produk atau Jasa

Organisasi dapat dibangun berdasarkan produk / jasa. Setiap kelompok produk atau jasa akan memiliki fungsi sendiri dalam manufaktur, pemasaran, perakuntansian, produksi dan sebagainya.

Organisasi berdasarkan produk atau jasa ini menghasilkan sebuah organisasi yang lebih diarahkan pada output dibandingkan pengolahannya. Organisasi berlangsung dibawah kesatuan perintahdalam semua keputusan yang mempengaruhi output.

Hubungan Lateral

Cara mengkoordinasikan kegiatan berbagai departemen atau fungsi dalam beroperasi untuk menghasilkan barang atau jasa.
Beberapa metode yang digunakan :
1.    Kontak langsung antar manajer
2.    Peranan Gabungan
3.    Gugus Tugas
4.    Regu
5.    Memadukan Petugas
6.    Organisasi Matriks

Organisasi Proyek

Dalam organisasi proyek, sumberdaya adalah proyek yang ditugaskan dengan dikepalai oleh seorang manajer proyek.



No comments:

Post a Comment