KONSEP
ORGANISASI DAN MANAJEMEN
T
E O R I M A N A J E M E N
Mencakup hal-hal / segala sesuatu yang berhubungan dengan tugas dan
fungsi manajerial, termasuk organisasi
(Apa yang dilakukan oleh manajer).
FUNGSI MANAJEMEN
MENURUT “HENRY FAYOL”
1.
Perencanaan
(Planning) : Pemilihan tujuan dan penetapan kebijakan, prosedur dan
program-program untuk mencapainya.
2.
Pengorganisasian
(Organizing) : Pengelompokan kegiatan yang harus dilakukan dan menetapkan
bentuk serta hubungan keorganisasian untuk menjalankan kegiatan.
3.
Penyusunan
Staf (Staffing) : Pemilihan dan pelatihan orang untuk bekerja dalam
organisasi.
4.
Pengkoordinasian
(Coordinating) : Penjadualan kegiatan dalam urut-urutan yang tepat. Pengkomunikasian bila ada perubahan bentuk.
5.
Pengarahan
(Directing) : memimpin, memberikan pedoman, pengarahan, dan
pemotivasianorang dalam organisasi.
6.
Pengendalian
(Controlling) : pengukuran prestasi dan penyimpangan dari rencana.
TINGKATAN MANAJEMEN :
1.
Manajemen Puncak (Top Level Management)
2.
Manajemen Menengah (Middle Level Management)
3.
Manajemen Bawah (Lower Level Management)
STRUKTUR KEORGANISASIAN
Merupakan susunan sub
sistem dengan hubungan wewenang & tanggung jawabnya.
MODEL DASAR
·
Struktur
Hirarki : sebuah struktur hirarki dengan manajemen puncak paling atas dalam
bagan, manajemen menengah, dan manajemen bawah ditempat paling bawah
·
Spesialisasi
: Pembagian pekerjaan atas tugas-tugas khusus.
·
Hubungan
Lini dan staf
LINI :
wewenang perintah langsung dari fungsi-fungsi dalam organisasi (biasanya digambarkan
dengan garis lurus dalam struktur hirarki).
STAF :
Berhubungan dengan kegiatan-kegiatan pendukung seperti analisis dan konsultasi
/ tidak ada wewenang untuk memerintah. (digambarkan dengan garis putus-putus
dalam struktur hirarki).
·
Wewenang dan
Tanggung Jawab : wewenang adalah hak untuk memerintah (kepemimpinan)
termasuk mengambil keputusan.
·
Rentang
Kendali (Span of Control) : menunjukkan banyaknya bawahan yang diawasi oleh
seorang supervisor.
MODEL VARIASI
Organisasi berdasarkan Produk atau Jasa
Organisasi
dapat dibangun berdasarkan produk / jasa. Setiap kelompok produk atau jasa akan
memiliki fungsi sendiri dalam manufaktur, pemasaran, perakuntansian, produksi
dan sebagainya.
Organisasi
berdasarkan produk atau jasa ini menghasilkan sebuah organisasi yang lebih
diarahkan pada output dibandingkan pengolahannya. Organisasi berlangsung
dibawah kesatuan perintahdalam semua keputusan yang mempengaruhi output.
Hubungan Lateral
Cara
mengkoordinasikan kegiatan berbagai departemen atau fungsi dalam beroperasi
untuk menghasilkan barang atau jasa.
Beberapa
metode yang digunakan :
1.
Kontak langsung antar manajer
2.
Peranan Gabungan
3.
Gugus Tugas
4.
Regu
5.
Memadukan Petugas
6.
Organisasi Matriks
Organisasi Proyek
Dalam
organisasi proyek, sumberdaya adalah proyek yang ditugaskan dengan dikepalai
oleh seorang manajer proyek.
No comments:
Post a Comment